Selasa, 26 April 2011

Wah, Teleskop Pencari Alien Dimatikan

California – Teleskop di California yang dibuat untuk mendengarkan sinyal dari peradaban jauh alien telah dimatikan. Operator mengaku, hal ini dipicu kurangnya dana.
http://static.inilah.com/data/berita/foto/1452522.jpg
Allen Telescope Array (ATA) masuk dalam ‘hibernasi,’ dan "Mulai pekan ini, peralatan ini tak lagi tersedia untuk pengamatan normal dan dipertahankan dalam keadaan aman oleh staf yang telah berkurang secara signifikan," kata Chief Executive Officer Tom Person dari SETI Institute di Mountain View, California.

ATA merupakan kemitraan antara SETI Institute dan University of California, Berkeley. Non-profit SETI Institute didirikan pada 1984 dan sebagian besar operasi bergantung pada sumbangan pribadi.

"Sejumlah proyek SETI Institute awal didanai NASA, namun kongres menghentikan program singkat SETI NASA pada 1993. SETI Institute terus berusaha mencari dana selama lebih dari dua tahun," kata Person.

Bahkan, menawarkan layanan ATA untuk Angkatan Udara (AU) AS guna membantu melacak puing-puing orbital yang bisa membahayakan satelit pertahanan.

“Kami terus berdiskusi dengan AUAS dan tetap berharap upaya ini membantu menyediakan dana operasi masa depan,” ungkapnya.

Biaya operasi ATA operasi mencapai US$1,5 juta (Rp13 miliar) per tahun, kata Person.

teknologi.inilah.com

Tidak ada komentar: