Minggu, 17 April 2011

Robot Burung Dengan Inovasi Menakjubkan

alt
Kemudi dicapai ketika SmartBird, yang beratnya hanya 450 gr, ekor dan kepalanya bergerak berubah-ubah dari sisi ke sisi. (Festo)
Salah satu impian terlama dan paling sulit bagi manusia telah tercipta dengan mudah.
Kini para ilmuwan telah menciptakan robot yang tidak hanya sempurna meniru makhluk terbang itu, namun juga dapat membuat keliru dengan aslinya.
Desain revolusioner Smartbird ini dapat melakukan penerbangan dan pendaratan secara mandiri.
Sayapnya tidak hanya dapat digerakkan ke atas dan ke bawah, namun dapat juga dilipat hingga sudut tertentu, manyajikan model ultra ringan dengan ‘kwalitas aerodinamis yang sempurna dan sangat lincah’.
Dikendalikan oleh handset radio, temuan ini juga dapat meluncur di langit jika dilepas dengan sendirinya.
Terinspirasi oleh burung camar, para ilmuwan pada perusahaan tekhnologi Festo mengendalikan pengepakan sayap bawah dan atas yang digerakkan oleh pemintalan dua roda dalam batang tubuh robot tersebut.
Mirip dengan roda pada kereta api,  ini dihubungkan dengan batang hingga menggerakkan sayap dengan kepakannya sendiri.
Sudut sayap disesuaikan dengan menggunakan ‘motor torsi’ pada saat sayap mengarah ke atas pada posisi up-stroke, hingga membuat SmartBird melambung lebih tinggi dan ketika sayap mengarah ke bawah pada posisi down-stroke.
Seorang juru bicara Festo mengatakan, “Penggunaan material sesedikit dan seringan mungkin untuk  menghemat sumber daya dan energi.”
Tidak dapat disangkal hal yang mengesankan dari satu sudut pandang tekhnologi, robot burung ini nampak sangat mirip dengan aslinya.
Dilihat sepintas SmartBird mudah membuat kekeliruan dengan aslinya, karena gerakan dan kepakan sayapnya yang sangat realistis. (Erabaru/DM/sua)

Tidak ada komentar: