Jumat, 22 April 2011

Ciri Tangan Kanan Muncul 500 Ribu Tahun Silam

http://static.inilah.com/data/berita/foto/1443382.jpg
Kansas – Karakteristik manusia tangan kanan mengalahkan mereka yang kidal dengan perbandingan sembilan banding satu. Karakteristik ini muncul pertama 500.000 tahun silam. Seperti apa?

Sebelumnya, para ilmuwan mencoba menentukan kapan tangan kanan menjadi ciri menonjol melalui alat-alat kuno, seni prasejarah dan tulang manusia. Namun hasil penelitian belum definitif.

Kini profesor antropologi David Frayer di University of Kansas menggunakan tanda-tanda pada fosil gigi depan untuk membuktikan, tangan kanan pada individu muncul lebih dari 500.000 tahun silam.

Frayer mengatakan, tanda-tanda khusus pada fosil gigi terkait tangan kanan atau kidal manusia prasejarah.

"Pola pada fosil gigi secara langsung dan konsisten dihasilkan oleh manipulasi tangan kanan atau kiri dalam pekerjaan eksperimental,” kata Frayer.

Frayer dan rekam mempelajari gigi yang ditemukan dari ruang 500.000 tahun yang disebut sebagai Sima de los Huesos yang berada dekat Burgos, Spanyol. Ruang itu berisi sisa-sisa manusia yang diyakini nenek moyang Neanderthal di Eropa.

Para peneliti menemukan, 93,1% sampel individu yang ditemukan di ruang dan situs Neanderthal Eropa itu memiliki ciri tangan kanan.

"Sulit menginterpretasikan data fosil yang berasal dari awal catatan fosil Eropa dan Neanderthal,” kata Frayer.

Temuan ini menetapkan, ciri tangan kanan ditemukan di lebih dari sekadar Homo Sapiens yang baru saja ditemukan.

teknologi.inilah.com

Tidak ada komentar: