Sabtu, 30 April 2011

Keruntuhan Ekosistem Bisa Diprediksi

 Wisconsin – Ilmuwan Amerika Serikat (AS) mengawasi danau terpencil di Wisconsin dan menemukan tanda-tanda jelas runtuhnya ekosistem perairan danau. Seperti apa?
http://static.inilah.com/data/berita/foto/1467372.jpg
Peneliti University of Wisconsin-Madison (UW-Madison) mengatakan, bukti eksperimental pertama adanya perubahan radikal pada ekosistem dapat di deteksi. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk mencegah bencana ekologi.

“Untuk waktu lama, ahli ekologi mengira perubahan ini tak bisa diprediksi,” kata ahli ekologi sekaligus profesor zoologi UW-Madison Stephen Carpenter. Namun kini, tanda-tanda itu bisa diramalkan, lanjutnya.

“Peringatan dininya jelas. Ini merupakan sinyal kuat”. Selama tiga tahun, semua bahan kimia, tanda-tanda vital biologis dan fisik danau terus dipantau sembari memanipulasi biota guna melacak perubahan yang disebut ‘pergeseran rezim,’ tempat ekosistem mengalami perubahan cepat secara radikal.

Melalui pemantauan tepat, peneliti mengatakan, mungkin untuk melacak tanda-tanda vital tiap ekosistem dan campur tangan yang terjadi guna mencegah kerusakan permanen lingkungan.

“Pergeseran rezim cenderung sulit dibalikkan,” kata Carpenter.

teknologi.inilah.com

Tidak ada komentar: