Kamis, 21 April 2011

Komputer Telah Ditemukan 2000 tahun yang lalu!

http://pandaankota.files.wordpress.com/2009/11/154.png?w=300&h=161
Pada sekitar tahun 1901, para penyelam dari negara Yunani di perairan pulau Antikythera (baca:Andikithira) yang juga terkenal dengan nama Cerigotto, Sijiljo atau Stus, menemukan sebuah benda peninggalan jaman dahulu di sebuah puing-puing di dasar laut yang diperkirakan berusia sekitar 2.000 tahun. Anehnya benda-benda penemuan tersebut meliliki bentuk seperti sebuah jam beker .
Penasaran bukan?
Akhirnya dilakukan penelitian
lebih mendalam terhadap benda-benda tersebut yang dilakukan oleh Derek J. De Solla Price. Dari hasil penelitian tersebut diduga bahwa
mekanisme benda tersebut mirip seperti jam ini memiliki prinsip kerja yang hampir sama seperti yang kini digunakan sebagai komputer untuk mengukur pergerakan bintang-bintang dan planet-planet.
Dalam Scientific American, De Solla juga mengingatkan kembali tentang penemuan sebuah alat hitung kalender beroda gigi dari kebudayaan Islam abad ke-13 yang tersimpan di Museum Sejarah Iptek, Oxford. Konsep kerjanya seperti yang telah ditulis oleh ahli astronomi, Al Biruni pada 1.000 M. Peralatan yang dibuat oleh peradaban Islam itu lebih sederhana daripada mekanisme Antikythera namun memperlihatkan banyak kesamaan pokok detil teknis yang digunakan diantara
keduanya. Dari pernyataan De Solla tersebut tampaknya bisa ditarik kesimpulan bahwa peradaban Antikythera telah lama lenyap ternyata bisa dipahami oleh orang-orang Arab (Islam) yang akhirnya masuk ke peradaban Eropa pada abad pertengahan dan menjadi dasar teknologi jam modern.
Mekanis Antikythera ini kini disimpan di Museum Arkeologi Nasional, Athena (Yunani).

 pandaankota.wordpress.com

Tidak ada komentar: