Minggu, 26 Juni 2011

Arkeolog Temukan Makam Kuno Rahasia Suku Maya

Palenque – Arkeolog berhasil menemukan makam kuno rahasia suku Maya. Kamera kecil berhasil membuka jalan pada makam kuno rahasia yang tersembunyi selama 1.500 tahun ini.


http://static.inilah.com/data/berita/foto/1640192.jpg

Makam bawah tanah ini terletak di reruntuhan batu di Palenque, Chiapas, Meksiko. Makam bawah tanah ini sebenarnya telah ditemukan pada 1999. Namun, bebatuan dan lokasi yang sulit membuat makam ini tak bisa dijelajah.

Akhirnya para arkeolog National Institute of Anthropology and History di Meksiko pun menggunakan kamera kendali jauh dan memasukkan kamera itu melalui lubang enam inci yang ada pada langit-langit makam guna mengintip dan merekam gambar interior di dalamnya.

Makam ini dicat berwarna merah dan hitam. Selain itu, tempat peristirahatan ini berisi peti mati dan tembikar untuk meletakkan sesajen. Ruangan ini didekorasi dengan lukisan sembilan figur serta tersimpan potongan giok dan kulit kerang.

Peneliti mengatakan, makam ini serupa makam kerajaan yang ada di dekatnya. Isi makam ini menunjukkan, tempat peristirahatan ini merupakan tempat disemayamkannya pemimpin Palenque pada 431-550.

teknologi.inilah.com

Tidak ada komentar: