Minggu, 01 Mei 2011

Cara Hindari Kesalahan Manusia di Pusat Data

Risiko yang timbul akibat kesalahan manusia di pusat data bisa terjadi kapan saja. Aturan dan kebijakan memasuki pusat data harus dipertegas guna mencegah kesalahan. Berikut tipsnya.
http://static.inilah.com/data/berita/foto/1470452.jpg 

“Pusat data seperti makhluk hidup yang tumbuh dan berkembang,” ujar Director of Power Technical Support for Emerson Networ Power Ahmad Moshiro pada INILAH.COM.
Tak diragukan, faktor kesalahan manusia di pusat data bisa menyebabkan terhentinya proses kerja yang cukup besar. Berikut langkah sederhana menghindarinya.
Memberi tanda pada tombol emergency off
Di pusat data, tombol emergency off biasa terletak dekat pintu. Tombol ini sering tak diberi tanda dan bisa tertekan secara tak sengaja. Hal ini mengakibatkan matinya daya di seluruh pusat data. Ketidaksengajaan ini bisa dihindari dengan melabeli dan memberi pelindung pada tombol.
Metode pendokumentasian prosedur
Prosedur pendokumentasian bertahap dan berorientasi bisa mengurangi atau menghilangkan risiko terkait performa pemeliharaan. Jangan batasi prosedur pada satu vendor, dan pastikan rencana cadangan jika ada kejadian tak diinginkan.
Pelabelan komponen yang benar
Jika perangkat pelindung, seperti pemutus sirkuit, tak dilabel dengan benar, hal ini bisa berdampak langsung pada pemuatan pusat data.
Untuk mengoperasikan yang benar dan aman, tombol harus dilabel dengan tepat, termasuk diagram one-line. Prosedur pelabelan perangkat harus benar.
Pengoperasian sistem secara konsisten
Seringkali, para manajer pusat data merasa terlalu nyaman mengoperasikan sistem. Alhasil, kadang mereka tak mengikuti prosedur. Sangat penting memastikan semua prosedur operasional up to date dan mengikuti instruksi pengoperasian sistem.
Pelatihan pegawai tanpa henti
Pastikan semua individu yang memiliki akses ke pusat data, termasuk pegawai TI, personel darurat, keamanan dan pegawai pusat data, memiliki pengetahuan dasar perlengkapan yang ada agar mereka tak mematikan perlengkapan secara tak sengaja.
Kebijakan akses aman
Perusahaan yang tak memiliki kebijakan akses aman ke pusat data, rentan pembobolan keamanan. Kebijakan keamanan yang mengharuskan tiap tamu didampingi petugas, memungkinkan manajer pusat data mengetahui siapa saja yang masuk dan keluar pusat data.
Penegakan kebijakan makanan/minuman
Zat cair berisiko tinggi menyebabkabn korslet di komponen penting komputer. Cara terbaik mengomunikasikan kebijakan ini dengan menempelkan kebijakan itu pada pintu masuk dan menekankan pentingnya penegakan kebijakan tersebut.
Menghindari kontaminan
Tak menjaga kualitas kebersihan udara ruangan bisa menyebabkan partikel debu masuk dalam server dan infrastruktur TI lainnya. Masalah ini bisa diatasi dengan memastikan semua personil yang masuk pusat data memakai sepatu boot anti statis, atau meletakkan keset di pintu luar pusat data.
Termasuk peralatan pengemasan dan pembongkaran di luar pusat data. Peralatan bergerak di dalam pusat data meningkatkan kemungkinan adanya serabut dari kotak pengepakan yang menyelip di rak server dan infrastruktur TI lainnya.

teknologi.inilah.com

Tidak ada komentar: